Friday, April 29, 2022

Tidak Ada Keuntungan Tanpa Biaya

Perlu kita pahami bahwasannya tidak ada keuntungan tanpa biaya. Hal ini sering disebut dengan Benefit Cost. Kita tidak akan mendapatkan benefit kalo kita tidak mengorbankan sesuatu, karena setiap kesuksesan ada harganya.


Dalam sebuah keputusan kita harus selalu mempertimbangkan mana keputusan yang terbaik. Karena tidak ada keputusan tanpa kerugian, tidak ada keputusan tanpa pengorbanan, tidak ada keputusan tanpa biaya. Kalo kita memutuskan ingin kaya maka pasti ada yang harus dikorbankan. Minimal kita mengorbankan waktu, fikiran dan tenaga.


Kalau kita tidak pernah berfikir secara benefit cost maka pikiran kita tidak pernah terasah. Sehingga kita akan terbiasa mengerjakan sesuatu tanpa menganalisa. Mengerjakan sesuatu berjalan mengalir begitu saja tanpa memikirkan untung ruginya.


Maka ketika kita akan memulai usaha apa pun, kita harus membuat tabel untung dan rugi dari setiap perbuatan yang kita kerjakan. Ketika hasil pengamatan ternyata dalam tabel lebih banyak untungnya maka kerjakan. Namun jika kebalikannya maka tinggalkan. Lakukan ini dalam semua aspek kehidupan, seperti melakukan perjalanan, membangun sesuatu, memilih pasangan atau membeli makanan.


Tidak ada orang sukses yang tidak tahu dan memahami benefit cost. Sehingga mereka bisa menganalisa terlebih dahulu setiap pekerjaan yang akan mereka kerjakan. Jika menguntungkan akan dilakukan dan jika merugikan akan ditinggalkan.




No comments:
Write comments