Saturday, April 30, 2022

Apakah Uang Bisa Membeli Kebahagiaan ?

Definisi kebahagiaan setiap orang beda-beda, tergantung sudut pandang yang diambil oleh orang tersebut. Menurut anak kecil kebahagiaan adalah ketika dikasih es krim, namun menurut orang dewasa yang bekerja kebahagiaan adalah ketika menerima gaji atau naik jabatannya. Beda lagi dengan orang sakit, kebahagiaan bagi mereka adalah ketika sembuh dari penyakitnya. Sedangkan menurut para ulama kebahagiaan adalah ketika melakukan ibadah. Sehingga kebahagiaan bagi tiap orang berbeda-beda. Lalu apakah uang bisa membeli kebahagiaan ?

 

Uang bisa membeli kebahagiaan jika tahu cara menggunakannya. Seseorang bisa menghemat waktu perjalanan jika dia tahu cara menggunakan uangnya. Seseorang bisa nyaman tinggal di rumahnya jika dia tahu cara menggunakan uangnya. Seseorang bisa nyaman beribadah Umrah dan Haji jika dia tahu cara menggunakan uangnya. Maka orang bodoh adalah orang banyak uang tapi hidupnya susah. Mungkin saja dia seperti itu karena ada penyakit kejiwaan atau mentalnya kena.

 

Jika ada orang yang mengatakan bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan, maka pastikan dulu orang tersebut punya banyak uang. Jika dia tidak punya uang lalu mengatakan uang tidak bisa membeli kebahagiaan maka itu namanya pembenaran bukan kebenaran.


Lalu jika ada orang kaya raya namun tidak mendapatkan ketenangan dan kenyamanan dalam hidupnya, maka dapat dipastikan orang tersebut tidak memiliki rasa syukur dan rasa cukup. Karena sebanyak apa pun uang dia kalo tidak memiliki rasa syukur dan rasa cukup niscaya hidupnya tidak akan tenang dan pasti akan merasa kurang terus.

 




No comments:
Write comments