Sunday, June 6, 2021

Cara Singkat Untuk Menambah Pengetahuan Tentang Kopi

Peminum kopi pemula biasanya tak akan sekedar berhenti pada menikmati kopi dari tegukan saja. Mereka yang sudah memulai menikmati kopi akan berusaha menggali dan mencari tahu lebih dalam tentang “biji emas” yang satu ini. Dari menikmati, lalu akan mencintai. Dari mencintai akan mencari tahu lebih banyak tanpa henti. Jika kamu peminum kopi pemula dan ingin mempelajari seluk beluk tentang dunia “perkopian”, mulailah dari lima hal sederhana yang akan kami paparkan berikut ini.

 

[1] Coba Beragam Biji Kopi

 

Mencicipi beragam jenis biji kopi dari berbagai single origin yang tersebar di seluruh Indonesia (bahkan dunia) sangat berguna untuk kamu. Semakin banyak kamu mencoba biji kopi, maka akan semakin peka kamu terhadap aneka flavour kopi. Jika sebelumnya kamu hanya mampu membedakan kopi yang asam dan pahit, maka kelak kamu akan bisa membedakan dan menemukan notes yang beragam pada tiap biji kopi. Semakin banyak pengalaman kamu mencicipi biji kopi, maka akan lebih mudah kamu menemukan after tastes yang ada pada tiap kopi.

 

[2] Coba Beragam Metode Penyeduhan Kopi

 

Menyeduh kopi seperti diketahui memiliki beragam cara. Selain menggunakan mesin espresso, menyeduh dengan cara manual juga beragam. Untuk menambah pengetahuan kopimu, tak ada salahnya kamu menikmati kopi dari beragam metode penyeduhan. Jika selama ini hanya mencicipi kopi dari mesin espresso, cobalah sesekali menikmatinya dengan metode manual brew. Mulai dari pour over, aeropress, french press, syphon, vietnamese drip sampai tubruk. Masing-masing metode ini akan menghasilkan hasil yang beragam dan tentunya menambah pengetahuan dan pengalaman kamu tentang kayanya kopi.

 

[3] Coba Beragam Menu Minuman Kopi

 

Menu minuman kopi tak hanya espresso, café latte, cappuccino, macchiato dan black coffee saja. Ada banyak sekali jenis menu minuman kopi yang berbahan dasar espresso dan susu yang seringnya jarang sekali dipesan orang. Padahal kalau kamu perhatikan, coffee shop specialty menyediakan banyak sekali menu kopi di papan atau daftar menunya. Cobalah menu kopi berbeda setiap kamu bertandang ke kedai kopi. Misalnya, jika kamu biasa memesan café latte, kenapa kali ini tidak mencoba memesan flat white. Jika kamu biasa menikmati espresso, kenapa tidak mencoba ristretto atau doppio. Semakin sering kamu memesan menu berbeda, maka secara otomatis pengetahuan kamu tentang ragam menu kopi berbeda akan bertambah.

 

[4] Banyak Membaca Tentang Kopi

 

Pepatah “banyak baca banyak tahu” mungkin terdengar klise di telinga. Tapi terbukti bahwa membaca adalah satu cara menggali ilmu paling sederhana. Jika kamu ingin menambah pengetahuan tentang kopi kenapa tidak memulai dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan kopi. Jika malas membaca buku, coba cari tahu di internet tentang pengetahuan kopi. Banyak website yang menyediakan ilmu tentang kopi yang sungguh sangat berguna meningkatkan pengetahuan kamu.

 

[5] Mampir ke Berbagai Coffee Shop

 

Setiap orang mungkin memiliki coffee shop favorit, tapi tak ada salahnya mengunjungi berbagai kedai kopi yang ada di kotamu (atau di mana saja kamu berada). Setiap kedai kopi memiliki ciri dan keunikannya masing-masing. Selain atmosfernya berbeda, tiap coffee shop juga menggunakan mesin kopi dan alat-alat kopi berbeda. Perhatikan coffee bar-nya, perhatikan single origin yang mereka punya dan jangan ragu untuk ngobrol dengan baristanya. Kedai kopi adalah rumah tempat komunitas dan pecinta kopi selalu singgah. Kali-kali saja dengan mengedari beragam kedai kopi kamu jadi bisa menambah teman dan relasi yang pastinya akan berguna untuk pengetahuan kopi kamu.

 

Kalau kamu kira-kira sudah melakukan yang mana saja ya?

 


No comments:
Write comments