Thursday, June 3, 2021

5 Cara Ngopi Lebih Hemat

Tak semua orang mampu ngopi di coffee shop tiap hari. Tak semua orang juga mampu membeli alat-alat kopi untuk memenuhi kebutuhan kafein setiap hari. Karena bagaimana pun hobi ngopi-ngopi ini juga memerlukan budget yang beragam dan tidak semua orang bisa memenuhinya.

 

Tapi ternyata, hobi ngopi bisa disiasati dengan beberapa tips hemat yang tentunya bisa memperkecil pengeluaran. Hobi ngopi tetap jalan dan tentunya dompet tak terkuras kandas karena kamu bisa ngopi dengan pilihan cerdas seperti di bawah ini.

 

[1] Seduh Kopi Sendiri

 

Jika selama ini kamu selalu membeli kopi dari kedai kopi untuk memenuhi kebutuhan kafein harian, kenapa mulai sekarang tidak mencoba untuk menyeduh sendiri. Tak punya alat seduh? Tenang. Kopi tubruk juga bisa nikmat jika tahu cara menyeduhnya (banyak info dari internet) dan tentunya menggunakan biji kopi yang enak.

 

Jika kamu selalu ngopi di jam istirahat sehabis makan siang di kantor di coffee shop, kenapa tidak memulai membawa kopi sendiri lalu menyeduhnya di kantor. Toh pasti di kantor ada air panas, ‘kan? Siapkan cangkir kopi kesayangan, bawa kopimu sendiri dan seduhlah dengan bahagia setiap hari.

 

[2] Pilih Menu Kopi yang Lebih Murah

 

Kamu gemar meneguk cappuccino atau café latte saat nongkrong di kedai kopi? Kenapa tak sesekali mencoba menikmati secangkir long black yang tak kalah nikmat. Atau tantang dirimu sendiri untuk mencoba sesuatu yang tak pernah kamu coba, espresso misalnya.

 

Harga long black dan espresso di setiap coffee shop biasanya jauh lebih murah dari harga cappuccino dan kopi lainnya yang mengandung susu. Dengan mengganti menu kopimu saat nongkrong, tentunya kamu dapat berhemat sedikit, bukan?

 

Selain itu kamu juga bisa menikmati menu kopi jenis lain yang selama ini tidak pernah kamu nikmati. Ingat, kopi hitam adalah kopi paling asli. Nyesal kalau tak pernah coba.

 

[3] Berbagi Bersama Sahabat

 

Ngopi takkan lengkap tanpa camilan. Maka untuk mengurangi keborosan saat ngopi ada baiknya jika sekarang kamu berbagi dengan sahabat. Jika selama ini kamu ngopi dengan secangkir Americano plus roti atau kukis yang dihabiskan sendirian, kenapa kali ini tidak berbagi saja dengan teman? Hitung-hitung biayanya bisa dibagi berdua dan bisa jadi lebih hemat juga.

 

Selain itu, kamu juga bisa berhemat saat memesan single origin dengan metode manual brew. Di beberapa kedai kopi biasanya jika memesan dengan cara seduh manual bisa menghasilkan dua sampai tiga cangkir dalam sekali pesan. Nah, dengan memesan satu single origin yang bisa dibagi buat berdua jadinya akan lebih hemat, ‘kan?

 

[4] Investasi Alat Kopi

 

Kamu malas seduh kopi sendiri di rumah karena tidak memiliki alat seduhnya? Bagaimana kalau gajian kali ini disisihkan sedikit untuk berinvestasi membeli alat kopi. Mulailah dengan membeli alat kopi yang tidak mahal dan kamu sudah tahu cara menggunakannya seperti French press, dripper V60 dan manual grinder–nya.

 

Dengan adanya alat kopi sendiri tentunya kamu akan memilih lebih sering ngopi di rumah daripada di coffee shop. Bagaimana pun menyeduh kopi sendiri itu adalah yang paling asik. Karena selain lebih hemat kamu juga bisa menikmati kopi sebanyak yang kamu mau tanpa memikirkan bagaimana membayarnya.

 

[5] Makan Dulu Sebelum Sesi Ngopi

 

Saat sesi nongkrong kadang butuh ekstra biaya karena ada tambahan makanan atau camilan selain beli minuman. Sesekali mungkin masih bisa dimaklumi. Tapi kalau keseringan, kebiasaan ini yang bikin pengeluaran makin boros.

 

Untuk mengakalinya, pastikan perut dalam kondisi kenyang sebelum datang ke tempat nongkrong buat ngopi bareng. Dengan begitu kamu terhindar dari godaan pesan makanan dan hanya beli minuman saja.

 

Di atas adalah beberapa tips ngopi hemat ala kami. Kalau kalian biasanya bagaimana kalau mau hemat ngopi? Ditunggu komentarnya ya.

 


No comments:
Write comments