Tuesday, June 1, 2021

4 Tips Sebelum Membeli Kopi

Kopi adalah sebuah zat yang spesifik, detail dan tentunya personal. Oleh karena itu, sebelum salah membeli kopi untuk diseduh di rumah ada baiknya memerhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

 

Setiap kopi memiliki ciri dan notes berbeda. Setiap kopi dari berbagai roastery, memiliki level penyangraian yang berbeda pula. Agar kamu tak salah dan tak kecewa saat membeli kopi, ada baiknya kamu membaca tiga tips membeli kopi yang sesuai selera kamu.

 

[1] Perhatikan Notes-nya

 

Setiap biji kopi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang low acidity, ada yang fruity, ada yang body, dan ada juga yang sweetness. Jika kamu belum paham dengan beragam istilah notes yang bermacam-macam dan terasa tak akrab di telinga, tanyalah pada penjual yang bersangkutan. Jangan malu bertanya. Setelah menemukan jawaban, barulah tentukan kopi yang condong ke mana yang kamu suka. Kamu suka yang penuh dan strong? Atau kamu malah suka yang asam dan ada rasa buahnya. Notes pada coffee bag di bungkus setiap single origin yang akan kamu beli mewakili rasanya. Jadi jangan malas membaca keterangan notes­nya ya.

 

[2] Perhatikan Tanggal Roasting-nya

 

Kopi yang baik adalah kopi yang segar. Karena kesegaran pada kopi berpengaruh pada cita rasa dan aromanya kelak. Oleh karena itu, perhatikan tanggal roasting kopi di bagian coffee bag-nya. Juga perhitungkan estimasi kira-kira dalam satu bag kopi ini, berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menghabiskannya. Semakin baru tanggal roasting-nya, maka kamu akan memiliki waktu lebih panjang untuk menikmati kopinya. Saran saya, tentu pilih tanggal roasting terbaru agar terjaga segala nikmat dan aroma yang ada di sana. Juga kamu tak perlu buru-buru menghabiskan kopimu karena takut kopimu tak segar lagi.

 

[3] Perhatikan Level Roasting-nya

 

Setiap orang memiliki selera tersendiri dalam menikmati kopi. Ada yang menyukai kopi yang disangrai di level light, ada yang medium, ada yang medium to dark bahkan ada yang dark roast. Nah, selera kamu yang mana? Sebelum membeli kopi, pastikan kamu membaca informasi tentang kopi tersebut. Apakah kopi tersebut disangrai sesuai dengan level seleramu. Jika tidak jangan paksa membeli, pilihlah yang lain yang sesuai selera. Karena setiap level sangrai sangat berpengaruh pada rasa kopi saat diseduh. Dan jika tak sesuai dengan seleramu tentu kopi tersebut tidak akan terasa nikmatnya sehebat apapun sang roaster menyangrainya.

 

[4] Tentukan jenis kopi arabika, robusta atau kopi blend (campuran)

 

Pada dasarnya, jenis kopi yang dijual di pasaran offline maupun online itu ada 3 macam : arabika, robusta, dan blend (campuran arabika dan robusta). Untuk mengetahui lebih jelas tentang perbedaan dari masing-masing jenis kopi tersebut, kamu bisa membaca artikel tentang perbedaan kopi arabika dan robusta.

 

Jika kamu suka kopi dengan karakter lembut tapi punya beragam rasa, maka kamu bisa membeli kopi arabika. Apalagi sekarang sudah banyak metode penyeduhan kopi secara manual yang bisa kamu gunakan untuk mengekplorasi rasa yang ada pada kopi arabika.

 

Tapi jika kamu suka kopi yang pahit, dan ingin lebih bertenaga saat berolahraga misalnya, maka membeli kopi robusta merupakan pilihan yang tepat. Dan jika kamu ingin kopi yang kaya rasa namun sedikit pekat dan sedikit lebih banyak mengandung kafein, maka kamu bisa mencoba untuk membeli kopi blend.

 

Nah, sudah tahu ‘kan beberapa tips agar tak salah membeli kopi sesuai selera. Kalau kalian bagaimana tipsnya sebelum membeli kopi agar tak salah? Share with us ya.




 

No comments:
Write comments