Sembilan Perbuatan Penarik Datangnya Rizki

 


Di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits telah diberikan beberapa amalan yang apabila kita kerjakan, maka Alloh Azza wa Jalla akan melancarkan rezeki kita. Kali ini, akan diulas sembilan amalan yang disebut sebagai amalan penarik rezeki.

  • Memperbanyak istighfar kepada Alloh

Istighfar artinya memohon pengampunan. Sebagai makhluk lemah, tempatnya salah dan lupa, setiap manusia pasti pernah berbuat salah atau dosa. Kesalahan-kesalahan itulah yang mencegah datangnya rezeki. Oleh karena itu, dengan memperbanyak memohon pengampunan kepada Alloh SWT, berarti kita menghilangkan penghalang datangnya rezeki tersebut.

... اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غفَّارًا . يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِدْرَارًا . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا . نوح : ١٠ - ١٢

Artinya: … Mohonlah ampun kepada Tuhan kalian, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepada kalian dengan deras. Dan memperbanyak harta dan anak-anak kalian, dan menjadikan untuk kalian kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untuk kalian sungai-sungai. (Nuh: 10 – 12)

مَنْ أَكْثَرَ مِنَ الاِسْتِغْفَارِ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَمِنْ كُلِّ ضِيْقٍ مَخْرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَايَحْتَسِبُ . رَواه أَحمد

Artinya: Barang siapa yang memperbanyak membaca istighfar, maka Alloh meberikan kepadanya kemudahan dari setiap kesusahan, jalan keluar dari setiap kesempitan, dan member rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangkanya. (HR. Ahmad)

  • Memperbanyak infaq fii sabilillah. 

Infaq artinya memberikan sebagian dari harta yang kita miliki untuk membela agama Alloh. Karena kita melancarkan agama Alloh, maka Alloh pasti membalas dengan member kelancaran pada urusan kita.

... وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ . سباء : ٣٩

Artinya: … dan barang apa saja yang kalian infaqkan, Maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezki yang sebaik-baiknya. (Saba’ : 39)

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ أَنْفِقْ أُنْفِقْ عَلَيْكَ . رَواه الْبخاري

Artinya: Alloh Azza wa Jalla telah berfirman “Infaqlah engkau, Aku akan mencukupimu”. (HR. Bukhari)

  • Memperbanyak silaturrohim

Senang untuk menyambung famili, baik kepada yang sudah beriman maupun yang belum beriman.

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ . رَواه الْبخاري

Artinya: Barangsiapa senang apabila dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali kekerabatannya. (HR. Bukhari no. 5985)

  • Senang menghormati tamu.

Menerima dengan senang hati, menyambut dengan ramah dan wajah yang berseri-seri apabila ada tamu. Bahkan, memberikan suguhan kepada tamu sesuai dengan kemampuan.

الضَّيْفُ يَأْتِي بِرِزْقِهِ وَيَرْتَحِلُ بِذُنُوبِ الْقَوْمِ يُمَحِّصُ عَنْهُمْ ذُنُوبُهُمْ . رَواه ابو الشيخ

Tamu datang dengan membawa rezeki (untuk tuan rumah), dan pulang dengan membersihkan mereka. (HR. Abu Syaikh)

  • Berusaha menjadi orang yang jujur/amanah

الْاَمَانَةُ تَجْلِبُ الرِّزْقَ وَالْخِيَانَةُ تَجْلِبُ الْفَقْرَ . رَواه الديلمي

Amanat mendatangkan rezeki dan khianat mendatangkan kefakiran. (Ad-Dailami)

  • Meningkatkan ketakwaan kepada Alloh.

Artinya mengerjakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

... وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا . وَيَرْزُقهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ .... الطلا : ٢ - ٣

Artinya: … dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya …. (Ath-Tholaq: 2 – 3)

وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيُحرَمُ الرِّزْقَ بِخَطِيْئَة يَعمَلُهَا . رَواه ابن ماجة

Artinya: Sesungguhnya seseorang itu dihalangi rezekinya sebab dosa yang dia kerjakan. (HR. Ibnu Majah)

  • Memperbanyak tawakkal kepada Alloh.

Setelah berusaha dengan maksimal, hasilnya diserahkan sepenuhnya kepada Alloh SWT. Menyadari bahwa hanya Dia yang dapat menentukan keberhasilan dari usaha kita.

وَمَنْ يَتوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسبُهُ .... الطلا : ٣

Artinya: … dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya …. (Ath-Tholaq: 3)

  • Selalu Husnudzdzhon billah

Artinya senantiasa bersangka baik kkepada Alloh SWT. Melakukan usaha maksimal disertai dengan pikiran positif atau persangkaan baik bahwa Alloh akan memberikan keberhasilan. Apabila diqodar gagal, maka tetap bersangka baik bahwa Alloh pasti memberikan yang terbaik, pasti ada hikmah dibaliknya.

قَالَ اللَّهُ أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِيْ بِيْ . رَواه الْبخاري

Artinya: Alloh berfirman “Aku berada di persangkaannya hamba-Ku terhadap-Ku”

  • Menertibkan sholat tahajjud dan do’a 1/3 malam

Waktu 1/3 malam adalah salah satu saat-saat mustajab, artinya jika kita berdo’a di saat tersebut, Alloh pasti mengabulkan do’a kita. Maka perbanyaklah berdoa minta rizki pada waktu tersebut.

#ibadah 


No comments:
Write komentar