Tuman Itu Apa ?

 


Jagat media sosial kini sedang diramaikan meme kocak tuman. Biasanya, meme tuman yang beredar di media sosial adalah gambar dua sosok laki-laki botak.

Dalam meme tuman itu, dua sosok lelaki botak terlihat saling berhadapan. Bahkan, di meme tuman tersebut, satu sosok laki-laki botak tampak menampar pipi pria yang satunya lagi.

Biasanya, terdapat kalimat-kalimat kocak berbau sindiran yang disematkan di gambar atau meme itu. Kalimat sindiran di meme tersebut, akan diakhiri dengan kata tuman.

Nah, meme tuman itu misalnya bertuliskan seperti ini, "niatnya ngenalin gebetan ke teman, eh malah ditikung".

Akhirnya, meme tuman ini terus berkembang, warganet pun semakin kreatif. Gambar di meme tuman ini tak hanya menampilkan sosok botak saja, ada juga yang diedit dengan foto orang lain.

Arti kata tuman ini, pada beberapa kasus, memang memiliki arti yang agak negatif. Karena itu, meme tuman ini biasanya digunakan untuk menyindir seseorang atas kebiasaan yang kurang menguntungkan pihak lain.

Misalnya, seorang yang merasa bahwa dirinya mengalami kelebihan berat badan dan terus menerus beralasan untuk menunda diet, namun juga mengeluh di waktu yang bersamaan.

Selain itu, ada pula meme tuman yang menyindir anak muda yang lama dalam menjalin sebuah hubungan namun tak kunjung naik ke pelaminan.

Akhirnya, semakin hari, semakin beragam pula sindiran meme tuman tersebut ditujukan untuk hal apa. Lantas, apa itu makna dari kata tuman dari segi bahasa?

Sejatinya, makna tuman ini biasa dipakai dalam percakapan sehari-hari. Percakapan sehari-hari yang dimaksud adalah percakapan dalam bahasa Jawa dan bahasa Sunda.

Menurut Kamus Lengkap Jawa-Indonesia, tuman berarti terbiasa, selalu senang akan, ingin mengulangi lagi (karena sudah pernah merasakan enaknya).

Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) makna tuman adalah menjadi biasa (suka, gemar, dan sebagainya) sesudah merasai senangnya, enaknya, dan sebagainya.

  


No comments:
Write komentar