Jokowi Disebut Pakai Earpiece Waktu Debat, Berapa Harganya ?

 


Capres nomor urut 01 Joko Widodo dituduh menggunakan earpiece atau penyuara telinga dalam debat kedua Pilpres 2019 semalam. KPU menegaskan tidak ada penggunaan alat bantu dalam debat.

"Capres 01 dan 02 tidak ada yang menggunakan alat bantu, jadi clear seperti itu," ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Wahyu tak mau berkomentar banyak soal isu yang menyebar soal earpiece hingga pulpen yang dituding sebagai alat bantu untuk Jokowi. Menurutnya, baik Jokowi maupun Prabowo Subianto tak ada yang memakai alat bantu dalam debat kedua.

"Baik 01 maupun 02 tidak ada yang menggunakan alat bantu," tegas Wahyu.

Sebelumnya, tuduhan penggunaan earpice ini beredar di media sosial. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga bicara soal ramai isu capres Jokowi memakai earpiece saat debat kedua. Menurut BPN, Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin harus segera memberi penjelasan soal isu itu.

"Kami tidak ingin ini menjadi isu dan fitnah kepada Pak Jokowi bahwa beliau pakai wireless earphone untuk mendengar jawaban. BPN nggak ingin ini jadi fitnah ke Pak Jokowi. Saya sarankan TKN supaya segera mengklarifikasi ini, supaya tidak jadi fitnah dan isu liar. Masa incumbent pakai contekan," kata Andre Rosiade.

Menanggapi hal tersebut, TKN Jokowi-Ma'ruf membantahnya dan bahkan mempersilakan siapa pun yang menudingkan hal itu untuk mengecek CCTV atau kamera pemantau pada ruangan transit debat di The Sultan Hotel Jakarta yang menjadi lokasi debat pada Minggu malam itu. Selain itu menurutnya, banyak saksi yang diklaim mengetahui apa saja yang dilakukan Jokowi sesaat sebelum naik ke panggung debat.

"Boleh dicek saya kira ada CCTV di ruangan itu dan mungkin bisa dicek dari beliau masuk, ngobrol, sama beberapa orang di dalam situ, berdoa sebelum ke stage, sempat ke toilet, lalu balik lagi. Setelah itu menuju ke stage panggung depan," ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding.

Mengutip laman resmi e-commerce AliExpress harga satu pasang earpiece wireless bermerk Angslim US$ 23,99 atau setara dengan Rp 335.860. Earpiece ini beraneka warna mulai dari hitam, biru muda, pink sampai putih.

Dari keterangan produk disebutkan ear peace ini memiliki microphone untuk berkomunikasi. Headset ini bisa digunakan hingga 5 jam dengan waktu standby 80 jam. Kemampuan transmisi earpiece dengan perangkat mobile hanya 10 meter.

Selain itu juga ada earpiece merk Getihu yang dibanderol lebih murah yakni US$ 6,78 atau setara dengan Rp 94.920. Warna yang tersedia, biru muda, hitam, pink, putih dan krem.

Sedangkan untuk di e-commerce dalam negeri Jakartanotebook.com earpiece atau wireless earphone dijual dengan harga Rp 47.900 sudah didiskon 50% atau lebih hemat Rp 47.100.

Earpiece ini bisa digunakan untuk menjawab telepon secara langsung melalui koneksi wireless via bluetooth ke smartphone. Sangat cocok jika digunakan ketika berkendara atau sedang jogging.

Waktu bicara earphone ini hingga 5 jam dan waktu standby 110 jam. Bentuk ear peace ini cukup besar jika dibandingkan dengan earpiece yang dijual di AliExpress.



No comments:
Write komentar