Hujan Turun dengan Kadar Tertentu, Apa Maksudnya?

 

HUJAN adalah fenomena alam yang merupakan berkah bagi kehidupan di bumi. Namun tak jarang hujan juga bisa menjadi musibah tatkala musim hujan tiba karena bisa menjadi bencana banjir.


Ada fakta lain yang diterangkan Al Qur’an mengenai hujan, yakni hujan diturunkan ke bumi dalam kadar tertentu. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT: “Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).” (QS. Az-Zukhruf:11)


Kadar dalam hujan ini pun sekali lagi telah ditemukan melalui penelitian modern. Diperkirakan dalam satu detik, sekitar 16 juta ton air menguap dari bumi. Angka ini menghasilkan 513 triliun ton air per tahun.


Angka ini ternyata sama dengan jumlah hujan yang jatuh ke bumi dalam satu tahun. Hal ini berarti air senantiasa berputar dalam suatu siklus yang seimbang menurut “ukuran atau kadar” tertentu. Kehidupan di bumi bergantung pada siklus air ini. Bahkan sekalipun manusia menggunakan semua teknologi yang ada di dunia ini, mereka tidak akan mampu membuat siklus seperti ini.


Hal yang perlu kita ketahui adalah jika terjadi penyimpangan kecil saja dari jumlah ini, maka akan mengakibatkan ketidakseimbangan ekologi yang mampu mengakhiri kehidupan di bumi.


Namun, hal ini tidak pernah terjadi dan hujan senantiasa turun setiap tahun dalam jumlah yang benar-benar sama seperti dinyatakan dalam Al Qur’an.


No comments:
Write komentar