Daripada Percaya Sama Ramalan, Mendingan Baca Nih Biar Tahu Kenapa Garis Tangan Itu Beda-beda

 

Mungkin selama ini kamu sering bertanya-tanya kenapa garis tangan beda-beda. Nggak cuma lekukan garisnya yang tak sama, tapi juga ukuran panjang-pendeknya. Hal ini malah membuat masyarakat percaya dengan beragam ramalan yang muncul di mana-mana. Mulai dari menandakan nasib, lamanya hidup seseorang, hingga karakter yang bisa dilihat dari garis tangan.


Yah, dugaan itu hanyalah spekulasi yang dibuat manusia tanpa berdasarkan bukti kuat atau dasar ilmiah. Ramalan yang muncul kebanyakan mitos-mitos yang sejak dulu sudah ada, lalu dikaitkan dengan bentuknya garis tangan. Lalu, kenapa garis tangan itu bisa beda-beda ya?


Secara ilmiah, lekukan garis itu berbeda-beda untuk membantu peregangan tangan. Jadi, bukan karena yang garisnya panjang berarti nasibnya mulus-mulus saja


Sebagaimana dilansir dari Live Science, penelitian mengungkapkan kalau keberadaan garis tangan dengan lengkungan yang beda-beda ternyata bermanfaat untuk membantu peregangan. Hal ini wajar terjadi, sebab tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang sering bergerak untuk melakukan sesuatu. Lekukan garis tangan juga dapat membantu mengidentifikasi kondisi kesehatan tubuh tertentu.


Sejatinya, tangan manusia akan mengembangkan lipatan-lipatan garis tangan di rahim saat minggu ke-12 kehamilan. Kemudian, muncullah lipatan tersebut di tangan bayi saat lahir


Saat Anda mengepalkan tangan seolah-olah garis tangannya melipat sesuai lekukan. Hal itu ternyata ada fungsinya yaitu untuk memudahkan tangan bergerak saat ingin berpegangan atau mengambil sesuatu. Nggak percaya? Kamu bisa bayangkan tanganmu bergerak untuk ambil barang tanpa adanya garis tangan, pasti akan sulit melakukannya.


Tahukah kamu kalau mayoritas orang di dunia punya 3 garis tangan yang paling menonjol?


Kalau kamu perhatikan, garis tangan yang dimiliki banyak orang rata-rata hanya berjumlah tiga yang menonjol. Ya, garis ini berada di bagian tengah telapak tangan yang lekukannya seperti huruf “M”, meski ada perbedaan sedikit pada bentuknya. Tapi tahukah kamu kalau menurut National Institutes of Health, di dunia ini ternyata ada juga orang yang cuma punya satu garis?


Mereka yang memiliki garis tangan hanya satu lipatan saja sejak bayi mengindikasikan perkembangan abnormal


Kejadian munculnya satu garis pada tangan seseorang dapat diindikasikan mengalami perkembangan abnormal. Hal itu berarti bisa muncul pada bayi dengan kondisi seperti down syndrome. Ya, memiliki satu garis tangan saja atau biasa disebut dengan lipatan “simian” ini memang menjadi salah satu ciri anak down syndrome. Hal ini terjadi karena saat berada dalam rahim, janin tersebut tidak mengepalkan tangannya – berbeda seperti yang dilakukan janin lain yang terlahir normal pada umumnya. Walau belum tentu selalu pasti, dokter akan melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mendiagnosis benar down syndrome atau tidak.


Ternyata, garis tangan yang beda-beda itu berasal dari fungsinya sendiri untuk membantu pergerakan tangan. Bukan karena menandakan nasib atau menunjukkan karakter setiap orang, melainkan ada kegunaannya tersendiri. Bahkan, ketebalan dan jumlah garis tangan juga bergantung pada faktor-faktor seperti riwayat keluarga dan ras, lho.


No comments:
Write komentar