Kenapa Jodohku Belum Datang ?

 

Bagi yang masih muda dan belum berumah tangga, pasti akan kenyang dengan pertanyaan 'kapan nikah?'. Entah itu dilontarkan oleh keluarganya, teman kerjanya, atau teman karibnya sendiri. Sehingga banyak juga yang merasa jodoh itu bagai perlombaan. Pokoknya harus cepat-cepat. Desakan demi desakan kadang membuat pikirannya kalut. Sering bertanya dalam diri, kapan jodoh ku tiba?


Namun, perlu diketahui bahwa persoalan jodoh itu adalah persoalan rezeki juga. Sama dengan yang lain, ia akan kita dapat jika semua syarat-syaratnya telah kita penuhi. Bukan semata modal harta, ketampanan, kecantikan saja sehingga bisa cepat dapat jodoh.


Sebuah ilustrasi cerita bisa menjadi pelajaran bagi kita. Namun ilustrasi ini dalam cerita mengenai skripsi. Seorang pemuda sedang mengerjakan skripsi. Ia termasuk mahasiswa yang pandai dan memiliki IPK yang cukup lumayan. Berada di atas rata-rata teman-temannya.


Selain pintar, ia juga terkenal di teman-temannya sebagai anak yang tidak pelit. Rajin membantu dan menjelaskan kembali materi kuliah, jika ada yang tidak dimengerti oleh teman-temannya.


Namun, semua itu tidak juga membuatnya bisa lulus tercepat di angkatannya. Sebabnya tiada lain, karena dosen pembimbing yang ia dapat termasuk dosen yang susah di dapat di kampus. Dosennya termasuk dosen luar biasa, sering ngajar di kampus lain dan beberapa tugas dan proyek lain yang ia kerjakan.


Sehingga sang dosen, tidak terlalu memiliki banyak waktu untuk memberikan bimbingan skripsi. Jika ada mahasiswa yang mau konsultasi biasanya saat dosen sudah berada di bandara atau hanya melalui email.


Hingga akhirnya, si mahasiswa ini molor selesai 2 semester lebih lambat dibandingkan teman-temannya yang lain.


Ilustrasi di atas, juga akan seperti dengan jodoh. Walaupun kita sudah siap dan 'merasa' sudah melakukan segala cara untuk mendapatkan jodoh untuk kehidupan rumah tangga. Jika Tuhan belum memberi maka disitulah peranan aspek kesabaran dan berpikir positive bagi manusia.


Ingat, jodoh itu bukan perlombaan. Jodoh adalah rezeki Allah.


No comments:
Write komentar