Keutamaan Menjaga Silaturahmi

 

1. Diluaskan rezeki dan diperpanjang umurnya


Bagaimanapun juga rezeki tidak bisa diperoleh hanya dari usaha sendiri. Kita tetap butuh Allah Ta’ala untuk memudahkan jalan kita mencari rezeki. Maka itu, salah satu cara yang bisa kita lakukan lewat menyambung hubungan kekeluargaan. Selain itu, bersilaturahmi juga dapat memperpanjang usia kita.


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang senang diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”  (HR. Bukhari dan Muslim)


2. Bentuk perbuatan taqwa kepada Allah


“Sesungguhnya hanyalah orang-orang yang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran. (Yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian.  Dan orang-orang yang menyambung apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhan-nya dan takut kepada hisab yang buruk.” (QS. ar-Ra’du: 19-21)


3. Amalan utama yang mendatangkan pahala


Dari ‘Uqbah bin ‘Amir ra aku berkata: Ya Rasulullah, ceritakanlah kepadaku tentang amalan yang utama, maka beliau bersabda: “Sambunglah orang yang memutuskan (hubungan dengan)mu, berilah kepada orang yang tidak memberi kepadamu, dan berpalinglah dari orang yang berbuat zalim kepadamu.” (HR Ahmad)


4. Menghindari sikap sombong dan egois


Silaturahmi dapat menjauhkan kita dari sifat sombong. Seseorang yang sanggup menjaga silaturahmi walaupun kekerabatannya telah diputus maka posisinya di mata Allah akan sangat mulia


“Orang yang menghubungkan silaturahmi bukanlah orang yang membalas hubungan baik. Akan tetapi, orang yang menghubungkan silaturahmi adalah orang yang ketika kekerabatannya diputus, ia menghubungkannya.” (HR Bukhari).


5. Mempererat persaudaraan


Keutamaan menjaga silaturahmi yang terakhir adalah dapat mempererat hubungan persaudaraan. Pergaulan juga lebih luas. Hal ini tentu akan membantu kita dalam kehidupan, karena pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendirian.


Allahu a'lam


No comments:
Write komentar