Yang Harus Kita Lakukan Untuk Muslim Rohingya

 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


“Engkau melihat kaum mukminin dalam sikap saling mengasihi diantara mereka, saling mencintai diantara mereka, saling lemah lembut diantara mereka, seperti satu tubuh, jika salah satu anggota tubuh sakit, maka seluruh anggota tubuh yang lain ikut sakit demam dan tidak bisa tidur.” (HR. Bukhari 6011)


Bagi seorang muslim tragedi Rohingya adalah musibah. Dan kita layak merasa sedih, karena mereka saudara kita. Kita berhak membantu mereka. Masing-masing kita punya tanggung jawab. Meskipun tingkatannya berbeda-beda. Bagi muslim yang memiliki posisi di wilayah pemerintahan, mereka punya tanggung jawab lebih besar dibandingkan muslim yang menjadi rakyat jelata.


Namun setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan bersama,


Pertama, berdoa


Doa adalah senjatanya setiap mukmin. Ada ungkapan menyatakan, "Doa adalah senjatanya orang mukmin.." Siapapun mukmin punya kesempatan untuk berdoa, yang akan diijabahi oleh Allah.


Doakan agar kaum muslimin Rohingya segera dibebaskan dari musibah ini… dan doakan agar kaum muslimin dilindungi Allah dari kejahatan orang kafir dan orang munafiq.


Kedua, bantuan materi


Sebagai rakyat, kita memang tidak memiliki wewenang untuk melakukan mobilisasi massa. Sementara yang bisa kita lakukan adalah memberikan bantuan materi. Alhamdulillah, sudah banyak kaum muslimin yang sadar akan hal ini. Mereka melakukan penggalangan dana dan disalurkan kepada korban tragedi kemanusiaan Rohingya..


Semoga Allah membalas mereka dengan kebaikan.


Tidak ada komentar:
Write komentar