Hukum Upah Tukang Bekam

 

Terdapat banyak dalil yang menunjukkan bahwa upah tukang bekam itu halal. beliau pernah berbekam dan beliau memberi upah kepada tukang bekam.

[1] Hadis dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliu mengatakan,

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbekam dan memberi upah kepada tukang bekam. Andai itu haram, tentu beliau tidak akan memberi upah. (HR. Ahmad 2904 dan Bukhari 2103).

[2] Hadis dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma,

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memanggil tukang bekam, lalu dia membekam beliau. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Berapa upahmu?”

‘Tiga sha’.’ Jawab tukang bekam.

Lalu beliau memberikan satu sha’ dan beliau berikan upahnya. (HR. Ahmad 1136 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

[3] Hadis dari Ali radhiyallahu ‘anhu,

Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbekam dan beliau perintahkan aku untuk memberikan upah kepada tukang bekamnya. (HR. Ahmad 1130, Ibnu Majah 2163 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

[4] Hadis dari Anas bin Malik

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dibekam oleh Abu Thaibah, lalu beliau perintahkan agar diberi upah 2 sha’ makanan. (HR. Ahmad 12785 & Muslim 4121).

Dan beberapa hadis yang semisal, yang menunjukkan bahwa upah tukang bekam adalah halal. Hanya saja, upah tukang bekam dinilai tidak terpuji. Dalam hadis dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang upah tukang bekam. (HR. Ibnu Majah 2165 )

Dalam hadis lain, dari Rafi’ bin Khadij radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Upah tukang bekam itu jelek (khabits)” (HR. Ahmad 15812, Abu Daud 3423 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Makna khabits dalam hadis ini tidak bermakna haram. Karena harta halal, namun hina, juga bisa disebut khabits. Seperti firman Allah,

“Janganlah kalian secara sengaja memilih harta yang khabits yang kalian infakkan.” (QS. al-Baqarah: 267).

Upah tukang bekam disebut khabits, bukan karena statusnya yang haram, tapi karena harta ini dianggap tidak terpuji dan tidak bermartabat. Sehingga makruh untuk dicari.

Berdasarkan keterangan di atas, ulama berbeda pendapat dalam memahami upah tukang bekam,

Pertama, upah tukang bekam hukumnya mubah. Ini merupakan pendapat al-Laits bin Sa’ad, Malik dan Abu Hanifah.

Kedua, upah tukang bekam hukumnya makruh bagi orang merdeka dan mubah bagi budak. Ini merupakan pendapat Syafi’iyah dan Hanbali.

Allahu a’lam.

Tidak ada komentar:
Write komentar