Hati-hati, 4 bahan makanan sehat ini justru bikin rambutmu rontok

 

Kamu selalu diajarkan bahwa rambut adalah mahkota. Maka dari itu, rambut perlu dirawat supaya sehat, berkilau, dan indah. Banyak cara dilakukan, mulai pakai sampo mahal terpercaya, pemberian vitamin rutin, dirawat di salon, dan sebagainya.

Nah, selain melakukan perawatan rambut, kamu juga harus memperhatikan pantangan untuk mendapatkan rambut indah, lho. Masa, sih?

Dilansir brilio.net dari Genius Beauty, Jumat (1/1), ada bahan makanan yang pantang kamu makan banyak supaya nggak memperparah kerontokan rambut. Berikut penjelasannya:

1. Makanan manis

Bukan rahasia bahwa gula berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya berdampak negatif pada kulit, gula juga bisa menghambat pertumbuhan rambut. Faktanya adalah makanan manis meningkatkan pelepasan insulin, yang bisa meningkatkan kadar darah dalam hormon laki-laki, androgen. Akibatnya, iritasi pada folikel rambut sehingga rambut rontok.

2. Jus Sayur

Diet modern mempromosikan pengonsumsian jus sayuran yang dirancang untuk membersihkan tubuh dari racun berbahaya atau istilahnya detoksifikasi. Tapi ternyata, jus sayuran bisa merusak rambutmu. Saat kamu melakukan program detoks ini, selalu ingat bahwa hal ini membuat tubuh hanya menerima karbohidrat dan tak menerima protein penting bagi pertumbuhan rambut. Justru hal ini membantu peningkatan pelepasan insulin dalam darah, peningkatan androgen, sehingga terjadi penipisan dan kerontokan rambut.

3. Makanan kaya pati

Struktur rambut yang paling utama adalah protein, sehingga makanan yang mengandung sejumlah kecil keuntungan nutrisi ini tetap tak berkontribusi pada pertumbuhan rambut. Roti tawar, pasta, dan sereal mengandung banyak pati dan sedikit protein dalam komposisinya. Singkatnya, rambut tak akan tumbuh kalau kamu sering makan makanan ini.

4. Makanan kaya vitamin A

Kalau kamu adalah penggemar tomat, wortel atau rutin mengonsumsi vitamin A, kamu berisiko menghadapi masalah kulit kepala kering. Hal ini jelas menyebabkan rambut rontok. Faktanya bahwa vitamin A merupakan racun dalam dosis besar dan merusak folikel rambut.

Jadi, konsumsi bahan makanan di atas secara berimbang, ya. Ingat kesehatan rambutmu, lho!


Tidak ada komentar:
Write komentar