Cara singkat atasi nyeri pada setiap bagian tubuh, kamu wajib coba!

 

Kelelahan dalam beraktivitas sehari-hari bisa membuat bagian tubuh terasa pegal maupun nyeri.

Berikut ini ada tips cepat dan singkat mengatasi pegal atau nyeri di berbagai bagian tubuh, yang wajib kamu coba bahkan tanpa harus bangun dari kursi kamu seperti yang dilansir brilio.net dari healthytipsworld, Senin (4/1) :

1. Nyeri di punggung bawah

Untuk mengatasi nyeri pada punggung bawah cobalah duduk tegak di kursi dan mengangkat satu lutut hingga ke dada, memegangnya di bagian bawah. Tarik ke tubuh secara bertahap dan terus seperti itu selama 1 menit. Melepaskan kaki perlahan-lahan. Ulangi pada kaki yang lain.

2. Nyeri di leher

Duduk terlalu lama menatap layar pun, bisa membuat leher nyeri. Cobalah duduk di kursi tegak dan layu kepala ke satu sisi, sampai telinga menyentuh bahu. Tahan seperti itu selama kurang lebih 30 detik dan kemudian secara bertahap kembalikan di posisinya. Ulangi ini di sisi lain.

3. Nyeri di lutut

Duduk tegak di kursi, bangun dan berdiri dengan perlahan. Ulangi hingga 10 kali.

4. Nyeri di punggung atas

Lakukan gerakan seperti memeluk diri sendiri dan menempatkan tangan kanan di bahu kiri dan tangan kiri di bahu kananmu. Ambil napas dalam-dalam, tahan kemudian lepaskan secara perlahan. Ulangi beberapa kali.

5. Nyeri di pinggul

Duduk tegak di tepi kursi dan pastikan punggung lurus, lakukan gerakan memutar dada sedikit ke kanan. Renggangkan kaki ke belakang, menjaga kaki kanan tetap di sudut kanan. Tahan selama 30 detik  dan secara bertahap lepaskan, kembali ke posisi pertama. Ulangi dengan sisi lain.

6. Nyeri di bahu

Angkat bahu ke telinga sambil ambil napas mendalam. Tahan selama sekitar 3 detik. Hembuskan napas, kemudian turunkan bahu. Ulangi paling tidak hingga 10 kali.

7. Nyeri pada kaki

Tempatkan satu kaki di depan yang lain dan menempatkan kaki belakang tumit. Kemudian tekuk ke belakang dan lenturkan jari-jari. Tahan selama 30 detik dan kemudian secara bertahap luruskan jari-jari kakimu . Ulangi langkah yang sama dengan kaki yang lain.

8. Nyeri pada sendi tangan

Buatlah  kepalan dengan kedua tangan dan menempatkan mereka di depan. Gerakkan secara melingkar dengan sendi di udara. Ulangi latihan ini 10 kali di setiap arah.

9. Nyeri pada otot dada

Tempatkan tangan di belakang kepala dan membuat sayap dengan siku. Turunkan lengan bagian belakang dan membuat bahu dekat satu sama lain. Tahan seperti itu selama 30 detik dan kemudian secara bertahap kembalikan tangan ke posisi utama.

10. Nyeri otot pantat

Duduk tegak di kursi sambil menempatkan pergelangan kaki kanan di lutut kiri. Bersandar ke depan pada meja. Rasakan sampai otot-otot bokong menjadi tegang, tahan dengan posisi seperti itu selama 30 detik. Kemudian lepaskan dan berdirilah, kemudian ulangi pada satu sisi yang lain.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:
Write komentar