Tentang Sepotong Rindu

 

Sometimes an accident is not accident at all. Adakalanya yang tampak di mata sebagai musibah bukanlah musibah, bahkan ia pintu-pintu untuk meraih barakah, menyelami makna dan menghargai ketulusan. Ada saat ketika yang paling berharga dari pertemuan bukanlah canda, bukan pula gelak tawa. Kehadiran itu sendiri merupakan anugerah.

Kadangkala yang disebut kebahagiaan bukanlah tentang romantisme, bukan pula tentang ruang-ruang yang aromanya mewangi dan suasana syahdu. Kebahagiaan itu justru terletak pada kesempatan yang Allah Ta’ala karuniakan untuk hadir di sisi orang-orang yang kita cintai dan memerlukan kehadiran kita; anak yang sakit, istri yang sedang menghadapi persalinan, sahabat yang sedang ditimpa musibah atau hal-hal lain yang serupa dengannya.

Tengoklah apa yang menjadikan Khadijah binti Khuwailid radhiyallahu 'anha memiliki tempat yang paling khusus di hati rasulullah shallaLlahu alaihi wa sallam? Bukan soal kemanjaan, tetapi ia membenarkan ketika yang lain menentang; ia menerima ketika yang lain menolak; ia mengikuti ketika yang lain menjauhi. inilah ketulusan tanpa harus diramu dengan kalimat-kalimat romantis.

Akan tetapi, kesediaan untuk hadir itu akan sangat sulit tumbuh di hati jika yang kita pikirkan tentang dia hanyalah soal kesenangan.

Oleh :

Manda

Tidak ada komentar:
Write komentar