Cara Mudah Mengatasi Bekas Luka

 

Bagi sebagian orang, mempunyai bekas luka seperti bekas cacar, bekas jerawat, lecet atau luka karena teriris benda tajam bisa sangat memengaruhi kepercayaan diri.

Terutama jika bekas luka tersebut berada di betis, paha, lengan atau wajah. Menghilangkan bekas luka lama atau baru memang tidaklah mudah. Jika bekas luka tersebut tidak dirawat dengan benar maka luka tersebut bisa jadi tidak akan pernah hilang selamanya atau luka tersebut dapat menjadi keloid.

Tak heran jika beberapa orang khawatir akan hal tersebut bahkan rela melakukan cara apa saja. Berbagai produk lotion khusus atau salep khusus pun dibeli, bahkan ada juga yang nekat melakukan operasi plastik atau laser agar kulitnya menjadi mulus kembali tanpa peduli berapa biaya yang harus dikeluarkan!

Siapa sangka bahwa sebenarnya di dapur Anda terdapat aneka bahan makanan yang mengandung khasiat obat dan perawatan kecantikan seperti misalnya menghilangkan bekas luka dan mengembalikan warna kulit. Mempunyai bekas luka, apalagi di wajah tentu menimbulkan berkurangnya rasa percaya diri karena penampilan kita menjadi berkurang kesempurnaannya. Tanpa mengeluarkan dana yang besar sebenarnya permasalahan itu dapat diatasi dengan bahan-bahan makanan dari dapur kita.

Apakah Anda seseorang yang mempunyai bekas luka di tubuh? Apakah Anda bingung bagaimana caranya menghilangkan bekas luka di tubuh Anda itu?

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bekas luka dengan cara yang alami dalam waktu relatif cepat. Anda tak perlu risau lagi tentang bekas luka yang Anda miliki itu. Sehingga tak perlu sampai melakukan operasi plastik. Dengan menerapkan tips ini Anda dapat menghilangkannya hanya dengan mengaplikasikan langkah-langkah yang cukup mudah. Beberapa bahan dari alam dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang bekas luka.

Kenapa memilih bahan alami daripada bahan kimia yang banyak dijual di toko obat. Alasan mendasar yaitu faktor keamanan, bahan alami cenderung lebih aman tanpa perlu kita memikirkan efek samping yang akan diakibatkan. Sedangkan obat kimia cenderung memiliki resiko efek samping yang bisa berdampak serius jika tidak cocok dengan kulit kita. Selain itu bahan alami lebih mudah didapatkan dan harganya juga lebih terjangkau.

Sebenarnya, selain pengobatan modern, ada alternatif yang tidak kalah ampuhnya untuk menghilangkan bekas luka. Alternatif tersebut dapat dilalui dengan menggunakan bahan tradisional.

Madu

Cairan yang menyerupai sirup, kental dan memiliki rasa manis ini juga bisa merangsang regenerasi sel, mendinginkan, mengurangi nyeri dan menghilangkan bekas luka. Agar mendapatkan manfaat dari madu, James F Balch dan Phyllis A. Balch, dalam Prescription for Nutritional Healing menganjurkan untuk menggunakan madu yang masih alami. Oleskan madu secara merata pada luka. Biarkan selama 20-30 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. Lakukan beberapa kali sehari dan rutin.

Teh Hijau

Para ahli kesehatan menyimpulkan bahwa daun teh hijau memiliki kandungan antioksidan bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG). Kandungan antioksidan ini memiliki kekuatan 200 kali lebih hebat dari vitamin E dan sudah terbukti dapat mengurangi aktivitas hormon penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada kulit, mengontrol produksi minyak serta menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan akibat jerawat. Selain dikonsumsi sebagai minuman, daun teh hijau dapat juga dijadikan toner. Caranya, basahkan kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh. Lalu, usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan.

Sari lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka, meregenerasi sel, antioksidan, dan lain-lain. Selain itu sari lemon juga berkhasiat sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka lama di wajah atau bagian tubuh yang lain. Caranya, teteskan atau oleskan sari lemon pada bekas luka hingga merata kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit bilas sari lemon dengan air bersih.

Tidak ada komentar:
Write komentar