Bolehkah Membeli Barang Sitaan Bank Konvensional ?

 

bismillah...
assalamu'alaykum
warohmatulloh...

afwan ustadz mau tanya,
gimana hukumnya kalo kita beli barang dari bank yang mana barang tersebut statusnya sitaan dari nasabah bank yg tidak mampu melunasi pinjamannya,
apakah di bolehkan...
syukron jazakumulloh khoir atas penjelasannya...
dari rohiman...

Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Membeli barang sitaan dari bank itu diperbolehkan jika membelinya dengan cara yang disyariatkan. Walaupun kita tahu bahwasannya itu adalah bank konvensional yang memakai sistem ribawi. Karena transaksi kita dengan bank dalam membeli barang tidak ada unsur ribawi. Mengenai nasabah yang tidak mampu melunasi pinjamannya karena bunga atau faktor yang lainnya, itu urusan antara nasabah dan bank. Kita anggap saja barang sitaan itu adalah barang jaminan. Sebab kebanyakan sebelum nasabah mendapatkan uang pinjaman dari bank pasti nasabah tersebut memberikan jaminan kepada bank karena bank sendiri tidak akan mau memberikan uang pinjaman kepada nasabah jika tanpa ada jaminan (bisa berupa barang atau surat berharga). Sehingga ketika jatuh tempo pembayaran dan nasabah tidak bisa membayar pinjamannya maka bank akan menyita jaminan tersebut. Lalu kita boleh membeli jaminan tersebut asalkan dengan cara yang disyariatkan tanpa ada unsur riba.

Rasulullah shalallahu alaihiwasallam juga pernah membeli bahan makanan dari  orang yanudi padahal pada waktu itu orang yahudi selalu melakukan praktek riba.
Aisyah radhiyallahu ‘anha, menceritakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membeli bahan makanan (baca: gandum) dari orang Yahudi secara tidak tunai dan beliau serahkan kepada orang Yahudi tersebut baju besi beliau sebagai jaminan.” (HR. Bukhari 2378).

Kesimpulannya boleh membeli barang sitaan dari bank asalkan dengan cara yang disyariatkan.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:
Write komentar